Home » , » Apakah Ego State ?

Apakah Ego State ?

Written By Rizki A. Noviar on Wednesday, September 18, 2013 | 22:15

Indonersia - Pernahkan suatu hari kita bergitu marahnya kepada seorang sahabat kita, sehingga kita melontarkan kata-kata yang bergitu kerasnya ?

“Kamu benar-benar ceroboh, merusakkan barang kesayanganku ! Kamu tahu tidak, barang itu aku peroleh saat  pertama kali aku pergi ke luar negeri …….”

Dan di hari berikutnya, setelah kita merenung, kitapun menyesali apa yang telah kita ucapkan.

”Maaf, kemarin aku emosi, aku sempat berbicara kasar kepadamu. Ya memang barang itu termasuk barang kenangan, tetapi persahabatan rasanya lebih di atas segalanya. Maafkan aku ya …..”.

***
Bukan hal yang aneh jika setiap orang dari waktu ke waktu memuncukan perilaku yang dapat saling berbeda, bahkan seakan-akan kita benar-benar orang yang berbeda dalam situasi dan kondisi yang berbeda. Fenomena apakah ini ?

Inilah konsep dasar Ego State, dimana kepribadian manusia dipandang tersusun dari berbagai mini-personality yang sangat kompleks, masing-masing memiliki ”sifat” yang berbeda dan disebut dengan istilah ”Ego State”.

Dalam diri manusia terdapat banyak sekali ”Ego State”, mungkin puluhan, mungkin ratusan, bahkan dapat saja ribuan ”Ego State” menyusun kepribadian seseorang.

Belum jelas ? Mari kita coba introspeksi sejenak ke diri kita masing-masing. Adakah sifat kita di suatu saat yang begitu pemurah ? Atau sifat kita yang cenderung ”menarik diri” di suatu situasi tertentu ? Atau munculnya perasaan cemas saat berada di tempat tertentu ? Semua ini merupakan gambaran dari ”Ego State” yang berbeda-beda.

Dalam suatu saat, hanya ada ”Ego State” yang aktif, atau mewakili diri kita, atau dengan kata lain ”Ego State” ini menempati ”Executive State” sebagai eksekutor.

Dari sisi sifat keaktifannya, ”Ego State” dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian besar, yaitu : Ego State yang terletak di ”Surface State” atau permukaan, dan Ego State yang terletak di bagian diri yang ”agak dalam” atau disebut ”Underlying State”.

Dalam seminggu normal, dalam aktivitas normal, Ego State yang aktif sekitar 5-15 macam.

Ego State Therapy (EST) saat ini merupakan pengetahuan yang secara de-facto wajib dikuasai oleh para Hypnotherapist, karena dengan memahami berbagai sifat dan peran berbagai Ego State maka akan sangat membantu proses therapy, terutama untuk mengelola masing-masing Ego State dalam konteks situasi kondisi tertentu.
Share this article :

1 comments:

kata pepatah: "TAK KOMEN TANDA TAK MAMPU"

Mari saling membantu sesama blogger dengan memberikan komentar yang baik dan benar. Jika ingin bersaing di halaman pertama Hasil Pencarian Search Engine, mari kita lakukan persaingan sehat dengan tidak menghancurkan blog blogger lain melalui komentar spam.

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!

Coretan

 
Support : Indonersia Center | Rizki Viar |
Copyright © 2013. Indonersia Center - All Rights Reserved
Template re-design by Indonersia Center
Proudly powered by Blogger