Home » » Jus Buah Bit, Cara Alami Turunkan Tensi

Jus Buah Bit, Cara Alami Turunkan Tensi

Written By Rizki A. Noviar on Thursday, April 25, 2013 | 07:17

Indonersia - Cukup banyak cara alami yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar tekanan darah. Salah satunya adalah dengan jus buah bit. Bit adalah sejenis sayuran umbi berwarna merah dan berair.

Sebuah studi baru yang dimuat dalam jurnal Hypertension mengatakan, minum sekitar 250 ml atau satu gelas jus buah bit secara rutin dapat mengurangi tekanan darah hingga 7 persen. Para peneliti mengatakan, efek penurunan tekanan darah disebabkan oleh kadar nitrat yang tinggi dari jus buah bit. Kadar nitrat yang tinggi juga ditemukan secara alami dalam seledri, kubis, dan sayuran berdaun hijau lain seperti bayam dan selada.

Konsumsi makanan dengan kadar nitrat yang tinggi dapat memicu reaksi kimia tertentu di dalam darah. Reaksi kimia ini dapat meningkatkan suplai oksigen ke tubuh, terutama pada bagian yang kekurangan oksigen.

Jus buah bit yang digunakan dalam studi mengandung 0,2 gram nitrat. Nitrat sejumlah tersebut setara dengan yang ditemukan dalam semangkuk besar selada atau dua buah bit.

Ketua studi Amrita Ahluwalia, profesor farmasi vaskular di The Barts and The London Medical School mengakui cukup terkejut dengan bagaimana nitrat dalam jumlah sedikit tapi memiliki efek yang besar.

"Harapan kami orang sudah mulai dapat mengubah gaya hidupnya dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran yang mengandung nitrat, seperti sayuran berdaun hijau atau buah bit. Karena itulah cara yang mudah untuk memperbaiki kesehatan kardiovaskular," ujar Ahluawalia.

Hipertensi diperkirakan diderita oleh satu miliar orang di dunia, sedangkan di Indonesia sekitar 32 persen dari penduduknya mengalami hipertensi. Padahal hipertensi merupakan faktor risiko terbesar dari penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Perubahan gaya hidup, seperti mengurangi konsumsi garam dan alkohol, serta berolahraga, dapat mengontrol tekanan darah. Obat-obatan juga diperlukan bagi mereka yang mengalami hipertensi cukup parah.

Tekanan darah yang dianggap tinggi apabila angkanya sudah melebihi 140/90 mmHg. Angka pertama yang terbaca dalam tekanan darah adalah tekanan sistol yaitu saat jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung. Sedangkan angka kedua yaitu tekanan diastol, yaitu pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah.

Studi ini melibatkan delapan orang wanita dan tujuh pria dengan tekanan sistol berada di antara 140 dan 159 mmHg yang tidak mengonsumsi obat penurun tekanan darah.

Sebagian peserta diminta untuk meminum 250 ml jus buah bit, sedangkan yang lainnya diminta untuk meminum air yang mengandung sedikit nitrat. Mereka kemudian dimonitor tekanan darahnya selama 24 jam.

Dibandingkan dengan mereka yang minum hanya air, peserta yang minum jus buah bit mengalami penurunan tekanan sistol sekitar 10 mmHg. Efeknya terlihat setelah tiga hingga enam jam setelah minum, namun tetap terlihat setelah 24 jam.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa buah bit dapat meningkatkan stamina, dan meningkatkan suplai darah ke area penting di otak.
Share this article :

1 comments:

  1. wehhh... baru dengar nih.
    boleh kalau ada tabletnya aja

    ReplyDelete

kata pepatah: "TAK KOMEN TANDA TAK MAMPU"

Mari saling membantu sesama blogger dengan memberikan komentar yang baik dan benar. Jika ingin bersaing di halaman pertama Hasil Pencarian Search Engine, mari kita lakukan persaingan sehat dengan tidak menghancurkan blog blogger lain melalui komentar spam.

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!

Coretan

 
Support : Indonersia Center | Rizki Viar |
Copyright © 2013. Indonersia Center - All Rights Reserved
Template re-design by Indonersia Center
Proudly powered by Blogger