Home » , » 10 Tips Cara Menghilangkan Mendengkur

10 Tips Cara Menghilangkan Mendengkur

Written By Rizki A. Noviar on Monday, April 22, 2013 | 07:12

Indonersia - Tidur mendengkur termasuk ke dalam kategori gangguan tidur. Tidur mendengkur sering diidentikkan dengan tidur lelap dan dianggap normal. Akan tetapi hal tersebut tidaklah benar. Tidur mendengkur dapat memicu penyakit. Mendengkur menjadi pertanda adanya kelainan pada saluran pernapasan seseorang, bahkan dapat berakibat lebih serius seperti obstructive sleep apnea (OSA).

OSA adalah kelainan yang disebabkan oleh proses bernapas yang terganggu pada saat tidur, dan kelainan ini mampu menyebabkan tekanan darah seseorang mendadak menjadi tinggi, sehingga tidak jarang penderita tiba-tiba mengalami serangan stroke pada saat tidur.

Mengingat dampak yang ditimbulkannya tidak baik bagi kesehatan, maka kita patut mewaspadainya, berikut ini adalah 10 tips untuk menghentikan kebiasaan mendengkur anda, semoga bermanfaat.

Perhatikan hal ini, jika anda sudah tidur selama delapan jam, akan tetapi ketika bangun badan tetap merasa tidak segar, besar kemungkinan hal tersebut karena kebiasaan mendengkur yang anda miliki. Orang yang tidur mendengkur umumnya tidak menyadari bahwa dia memiliki kebiasaan tersebut. Tanyakanlah kepada pasangan atau orang-orang yang tinggal serumah dengan ada untuk mengetahuinya. Mendengkur terjadi saat sesuatu menghalangi nafas , otot tenggorokan terlalu rileks atau terjadi sesuatu yang menyempitkan saluran pernafasan. Jaringan di bagian atas saluran nafas anda bergetar menyebabkan suara-suara keras.Pergilah ke dokter untuk mengetahui sebab dengkuran anda.

1. Hindari bekerja terlalu keras, yang mengakibatkan kelelahan pada tubuh. Secara alami, jika kita tertidur dalam keadan lelah, kemungkinan besar akan mendengkur.

2. Rutin membersihkan saluran nafas, terutama rongga hidung. Apabila saluran nafas kita kotor dapat menjadi penyebab tidur mendengkur.

3. Biasakan diri untuk tidur dengan posisi miring. Dengan tidur menyamping, pangkal lidah dan otot-otot di tenggorokan mengendur. Ketegangan dari otot-otot tersebutlah yang menyumbat pernapasan dan menyebabkan timbulnya dengkuran.

4. Letakkanlah kepala kita lebih tinggi dari posisi badan. Ini dapat dilakukan dengan mengganjal kepala dengan bantal atau tangan, dan dimaksudkan agar memperlancar aliran pernafasan.

5. Gunakan Nasal strips. Strips ini sekarang banyak dijual di toko obat. Kegunaannya untuk melancarkan hambatan pernafasan yang terjadi pada lubang hidung. Strips ini juga dapat membantu ketika hidung tesumbat karena flu.

6. Gunakan Rhinyl Herbal spray. Ini adalah sejenis semprotan yang mengandung bahan herbal. Manfaatnya dapat mengendurkan otot-otot pada lubang hidung yang dapat memberikan akses lebih besar bagi udara yang masuk lewat lubang hidung.

7. Stop kebiasaan merokok dan minum minuman berakohol. Tidak dapat dipungkiri, ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihentikan. Jika ingin menghentikan kebiasaan mendengkur, cobalah stop konsumsi rokok dan minuman berakohol empat jam sebelum anda tidur.

8. Olah raga dan turunkan berat badan. Berat badan berlebihan dapat menyebabkan sempitnya saluran pernafasan, sehingga memicu kebiasaan mendengkur. Penelitian mengungkapkan, bahwa kebiasaan mendengkur lebih anyak di derita oleh orang dengan berat badan berlebih. Menurut Clete Kushidam M.D direktur Stanford Sleep Medicine Centre, turunnya berat badan akan mengurangi volume dan frekuensi mendengkur Anda. Turunnya berat juga baik untuk kesehatan. Anda mungkin harus mengurangi setidaknya 10 persen dari berat tubuh untuk menemukan perbedaan dari kebiasaan mendengkur Anda, kata Nina Kolstanginova, M.D, dari Hamden Sleep Disorder Center of Connecticut.

9. Hindari penggunaan obat-obatan seperti obat tidur maupun obat penenang yang dapat melemaskan otot lebih dalam sehingga dengkur menjadi lebih keras.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

kata pepatah: "TAK KOMEN TANDA TAK MAMPU"

Mari saling membantu sesama blogger dengan memberikan komentar yang baik dan benar. Jika ingin bersaing di halaman pertama Hasil Pencarian Search Engine, mari kita lakukan persaingan sehat dengan tidak menghancurkan blog blogger lain melalui komentar spam.

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!

Coretan

 
Support : Indonersia Center | Rizki Viar |
Copyright © 2013. Indonersia Center - All Rights Reserved
Template re-design by Indonersia Center
Proudly powered by Blogger