Home » » Mengulik Peran Perawat Spesialis Informatika

Mengulik Peran Perawat Spesialis Informatika

Written By Rizki A. Noviar on Tuesday, March 5, 2013 | 06:18

Perawat spesialis informatika adalah perawat yang mengelola sistem informasi yang digunakan oleh perawat.

Setelah memahami kebutuhan informasi dari perawat dan departemen keperawatan, perawat spesialis informatika akan merencanakan desain sistem informasi, mengawasi pelaksanaannya, serta melatih perawat dan administrator dalam penggunaannya.

Seorang perawat spesialis informatika yang siap untuk posisi ini biasanya telah menyelesaikan program pendidikan Master of Science in Nursing yang berfokus pada sistem informasi komputer.

Keperawatan spesialis informatika mengkombinasikan pengetahuan keperawatan dengan keahlian sistem komputer yang digunakan oleh rumah sakit, kantor medis, dan klinik.

Pada awal 2009, the Healthcare Information and Management Systems Society melakukan survei pada para profesional kesehatan tentang keuntungan dan nilai lebih yang dirasakan dari adanya perawat spesialis informatika dalam praktik mereka.

Sebanyak 432 responden mengapresiasi peran perawat spesialis informatika dalam pelatihan staf keperawatan tentang penggunaan sistem dan pemberian dukungan teknis.

Mereka juga merasakan bahwa perawat spesialis informatika yang terlibat dalam pembuatan desain dan implementasi sistem teknologi informasi memberikan manfaat diantaranya:

Meningkatkan keselamatan pasien, khususnya dalam pemberian obat dan pencatatan klinis yang benar.
Meningkatkan alur kerja, dengan memiliki layar informasi dan proses yang muncul dalam urutan yang sesuai dengan kegiatan perawat.
Meningkatkan penerapan sistem yang baru, dengan melibatkan staf perawat dalam merancangnya.
Meningkatkan efektivitas sistem.
Saat ini rumah sakit lebih banyak yang menggunakan sistem elektronik untuk menyimpan data-data. Oleh karena itu kebutuhan akan perawat spesialis informatika meningkat.

Seorang perawat spesialis informatika lebih dari sekedar seorang petugas layanan kesehatan, melainkan juga sebagai penyedia desain awal dan optimasi sistem informasi.

Tertarik menjadi seorang perawat spesialis informatika
Share this article :

1 comments:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete

kata pepatah: "TAK KOMEN TANDA TAK MAMPU"

Mari saling membantu sesama blogger dengan memberikan komentar yang baik dan benar. Jika ingin bersaing di halaman pertama Hasil Pencarian Search Engine, mari kita lakukan persaingan sehat dengan tidak menghancurkan blog blogger lain melalui komentar spam.

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!

Coretan

 
Support : Indonersia Center | Rizki Viar |
Copyright © 2013. Indonersia Center - All Rights Reserved
Template re-design by Indonersia Center
Proudly powered by Blogger