Home » » STOP BELAJAR !! Kalau Ingin Pintar

STOP BELAJAR !! Kalau Ingin Pintar

Written By Rizki A. Noviar on Thursday, February 7, 2013 | 00:12

Resume Buku STOP BELAJAR!! Kalau ingin pintar
Karangan Tendi Krishna Murti


Buat apa sih kita belajar?

Dari pertanyaan diatas, mungkin sebagian kamu akan menjawab " ya untuk mencari pekerjaan lah," atau "Tuntutan Zaman" atau "kagak sekolah kagak keren". jawaban yang sangat standar bukan?

Jika seperti itu jawabannya, mengapa masih banyak yang tidak sukses disekolah sekolah? mengapa masih banyak yang mendapatkan nilai kurang bagus? itulah, kita dididik untuk menjadi manusia yang penurut dan runut. Dari SD ke SMP, dari SMP ke SMA,  dari SMA ke bangku kuliah, dan dari bangku kuliah mencari pekerjaan. Betul ,kan? inilah mengapa semuanya menjadi manusia yang standar. padahal tujuan utama manusia bukan hanya untuk bekerja. Maka STOP belajar jika niat dan tujuannya saja sudah salah. Benarkan niat dan tujuan dulu. Jika sudah benar maka kamu layak untuk membaca setiap subbab yang ada pada buku ini.

Dua hal yang tak terbatas, alam semesta dan otak manusia

Kamu tahu Einstein kan? Beliau adalah seorang jenius pada abad 20, sampai sampai otaknya dijadikan sebagai bahan penelitian untuk mengetahui mengapa dia bisa sejenius itu. Einstein berkata bahwa " ada dua hal didunia ini yang tak terbatas, alam semesta dan otak manusia". Keren ya, artinya, komputer super canggih sekalipun masih tetap kalah dengan otak manusia, dahsyat.. kan?

Otak manusia itu sendiri seperti alam semesta yang tidak pernah akan habis walau dijejali ilmu dan informasi yang didapat dalam bentuk apapun. Tapi kok terasa masih sangat mumet ya ketika belajar banyak? Jawabannya karena kita tidak menata asupan otak. Bagaimana cara membuat otak kita menjadi perpustakaan pribadi diotak? akan dibahas di subbab berikutnya di Neuro-Linguistic Programming .

Otak kita diciptakan oleh Tuhan sama seperti otak Einstein

Ya, otak kita sama saja seperti otak Eisntein. yang membedakannya adalah cara belajar dan mengapa kita hrus belajar. Artinya potensi yang kita punya sama dengan otak Einstein, potensi menjadi orang cerdas. Jadi pantas bukan kalo otak kita adalah aset yang paling berharga bagi kehidupan kita? tanpa otak yang terletak dibalik tengkorak dan memiliki struktur kompleks ini, saya jamin tak akan ada komputer dan kamu tak akan bisa berfikir mengenai apapun. Jadi peliharalah otak kita dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi otak.

Memakai cara yang berbeda maka hasilpun akan berbeda

Perbedaan yang mendasar antara seorang jenius dengan orang yang biasa-biasa saja adalah cara mereka dalam menggunakan dan terus meng-upgrade otak mereka. Sementara orang yang biasa, mereka hanya menggunakan otaknya, tanpa memperhatikan pola yang seharusnya mereka kembangkan sebagiamana si jenius menggunakannya.

Orang yang memahami pentingnya perkembangan otak, maka akan menjadi orang yang sukses dalam berbagai bidang, karena penyikapannya terhadap asupan otak yang berbeda. Jadi, memakai cara yang berbeda, akan menjadikan hasil yang berbeda pula.

7 Masalah Mengapa saya sudah belajar Tapi belum mendapatkan Nilai terbaik?

Mata pelajaran atau mata kuliah yang menumpuk semakin membuat pusing. Mana yang harus dipelajari terlebih dahulu. Hal inilah yang akhirnya sering menjadikan kita merasa malas duluan untuk belajar. Kalaupun belajar hanya sekedar membacanya. Mari kita lihat sebenarnya masalah apa saja sih yang membuat kebanyakan malasa belajar.

a. Belajar itu tidak menyenangkan
b. Metode belajar yang salah
c. Tidak percaya diri
d. Tidak mempunyai target
e. Tidak ada Afirmasi
f. Tidak ada Motivasi
g. Kurang berdo'a

Meningkatkan Kemampuan otak kita 

Sembilan kebiasaan pembelajar sejati

Berikut sembilan kebiasaan dari pembelajar sejati yang menjadikanmu berbeda dibanding yang lainnya. Ini pula yang menjadi salah satu kunci dosen atau guru menjadi lebih pandai dari pada pelajarnya.

1. Selalu melakukan sesuatu lebih dari pada yang dilakukan orang lain
2. Pro-aktif
3. Bertanggung jawab 100% atas apa yang kamu lakukan
4. Tunda kenikmatanmu
5. Cintailah apa yang kamu kerjakan
6. Integritas
7. Komitmen 100%
8. Mengubah kegagalan menjadi kesuksesan
9. Memaafkan diri sendiri

Percaya kamu dapat berhasil maka pasti berhasil

Keberhasilan adalah sesuatu yang slalu diinginkan oleh setiap orang. Namun mengapa banyak orang yang tidak berhasil dalam kehidupannya. Jawabannya adalah pola pikir mereka yang tidak percaya diri bahwa mereka akan berhasil. Jadi, kunci melaksanakan seluruh kegiatan adalah percaya bahwa kamu akan berhasil maka keyakinan itu akan benar-benar terjadi.

Otak dan Fungsinya

Otak manusia terbagi menjadi 2 bagian, yaitu otak bagian kiri dan otak bagian kanan. Otak kiri berhubungan dengan aktivitas-aktivitas seperti bahasa, angka, analisa, logika, urutan, hitung-menghitung, dan sebagainya. jika  disekolah kamu sedang belajar matematika maka kamu sedang menggunakan otak kiri. Sementara jika kamu sedang melukis atau kegiatan kreativitas lainnya, maka kamu sedang menggunakan otak kanan. sebab otak kanan melakukan aktivitas, intuisi, emosi, subyektif, visual, perasan, kreatif, seni dan irama.

Brain management (Mengelola otak)

1). Gunakan kedua belah otak
dalam belajar, libatkanlah kedua belah otak, sehingga belajar terasa lebih menyenangkan
2). Belajar bagaimana cara belajar efektif
Kebanyakan dari kita masih sering menggunakan metode belajar yang menekankan arah pertanyaan apa, bukannya arah bagaimana. "apa yang kita pelajari?" bukannya  "bagaimana cara kita mempelajarinya". pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang dapat mempengaruhi proses belajar.
3). Gunakan otak seperti cara kerja alaminya
Menggunakan otak secara alami adalah melibatkan seluruh bagian otak dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan. Tanpa menggunakan kedua belah otak dan menyuruhnya bekerja secara alami, saya takin akan terasa sulit untuk belajar.

Tehnik-tehnik menggunakan seluruh potensi

1. Persiapan Fisik

Beberapa persiapan fisik diantaranya:
a. Tubuh harus sehat
b. Tempat harus nyaman
c. Waktu harus mendukung untuk kita belajar
d. Jangan lupan untuk mandi

2. Persiapan Mental

Beberapa persiapan mental diantaranya:
a. Mempunyai niat yang kuat
b. Berdo'a dan tawakkal
c. Bunuh rasa malas
d. Munculkan motivasi
e. Pasang mental pemenang

Tiga tehnik mendongkrak seluruh potensi dan meningkatkan kualitas belajar

a. Mind Map (Peta Pikiran)

Peta pikiran ditemukan oleh Tony Buzan pada tahun 1970. Menurut Sutanto Widura, peta pikiran adalah sebuah sistem berfikir yang bekerja sesuai dengan cara kerja alamiotak manusia yang mampu membuka dan memanfaatkan seluruh potensi dan kapasitasnya.

dalam membuat peta pikiran ada elemen-elemen khusus yang harus diikuti kaidahnya sehingga tidak membingungkanmu ketika akan membuatnya. Kaidah-kaidah inilah yang akan menuntunmu dalam membuat peta pikiran. setiap peta pikiran dibagi menjadi : Pusat pikiran, Cabang utama, cabang, kata, gambar, dan warna.

b. Speed Reading (Membaca cepat)

Di dunia ini, banyak sekali metode mengefisienkan waktu yang kita perlukan. salah satunya adalah dengan menggunakan speed reading. Metode ini memberikan keefisienan waktu dalam mendapatkan informasi. Karena akan banyak materi yang harus kita baca, maka kita harus bisa membaca cepat.

c. NLP (Neuro-Linguistic Programming)

NLP adalah salah satu metode anyar untuk meningkatkan otak kita. atau dengan kata lain NLP adalah bagaimana cara memprogram mindset  dengan menggunakan tehnik canggih mengolah bahasa untuk digunakan dalam memperbaiki pemikiran, mental dan fisik.

7 Langkah praktis menjemput impian

a. Menentukan impian yang jelas
b. Menguji Impian/ Mengukur Impian
c. Membuat peta perjalanan menuju impian
d. Menentukan alat/kendaraan untuk mencapai impian
e. Fokuskan semua tindakan kepada impian
f. Menyelesaikan sesuai rencana
g. Jika impian pertama tercapai, lanjutkan pada impian selanjutnya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

kata pepatah: "TAK KOMEN TANDA TAK MAMPU"

Mari saling membantu sesama blogger dengan memberikan komentar yang baik dan benar. Jika ingin bersaing di halaman pertama Hasil Pencarian Search Engine, mari kita lakukan persaingan sehat dengan tidak menghancurkan blog blogger lain melalui komentar spam.

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!

Coretan

 
Support : Indonersia Center | Rizki Viar |
Copyright © 2013. Indonersia Center - All Rights Reserved
Template re-design by Indonersia Center
Proudly powered by Blogger