Home » , » Kenali Jenis-jenis Alergi Kulit

Kenali Jenis-jenis Alergi Kulit

Written By Rizki A. Noviar on Tuesday, February 19, 2013 | 16:40

Beberapa alergi kulit berdasarkan faktor penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Alergi terhadap alergen hirup dan makanan
Alergi kulit yang satu ini bisa diakibatkan oleh adanya alergen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup. Misalnya saja debu, kulit manusia, kulit hewan, tengau, tepung, spora jamur, dan kecoa. Jika tebaran beberapa alergen tersebut masuk ke dalam tubuh melalui dihirup maka seseorang akan secara langsung menderita alergi.

Masuknya makanan ke dalam tubuh seseorang juga bisa mengakibatkan terjadinya alergi. Makanan yang dimungkinkan mampu menyebabkan alergi adalah udang, kerang, putih telor, kacang, ayam, tongkol, dan lain sebagainya.

Cara untuk mendeteksinya yaitu dengan melakukan skin prick test. Tes ini dilakukan dengan cara menusuk kulit dengan menggunakan jarum. Jika ternyata alergi maka bisa dipastikan akan timbul bentol pada kulit.

2. Alergi terhadap bahan kimia
Kulit akan menderita alergi jika bersentuhan langsung dengan beberapa bahan kimia yang ada. Cara mendeteksinya yaitu dengan melakukan pacth tes.

3. Alergi terhadap obat suntik
Alergi kulit yang satu ini lebih disebabkan oleh proses pensuntikan yang biasa dilakukan oleh dokter. Cara mendeteksinya yaitu dengan dilakukan pensuntikan dan jika ternyata alergi maka akan timbul bentol pada permukaan kulit.

4. Alergi terhadap obat yang diminum
Obat juga mampu membuat beberapa orang menderita alergi kulit. Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa tes agar kelihatan apakah orang tersebut alergi terhadap obat apa tidak.

Demikianlah beberapa macam alergi yang ada pada kulit. Ada baiknya bagi kita untuk kenali macam-macam alergi kulit tersebut agar terhindar dari bahaya alergi.
Share this article :

1 comments:

  1. wah, banyak juga ya sob yg dapat mnyebabkan alergi pd kulit..
    tp untungnya saya g punya alergi apa2 :D
    -keep blogging-

    ReplyDelete

kata pepatah: "TAK KOMEN TANDA TAK MAMPU"

Mari saling membantu sesama blogger dengan memberikan komentar yang baik dan benar. Jika ingin bersaing di halaman pertama Hasil Pencarian Search Engine, mari kita lakukan persaingan sehat dengan tidak menghancurkan blog blogger lain melalui komentar spam.

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!

Coretan

 
Support : Indonersia Center | Rizki Viar |
Copyright © 2013. Indonersia Center - All Rights Reserved
Template re-design by Indonersia Center
Proudly powered by Blogger