Home » » Kupas Tuntas Diet Golongan Darah

Kupas Tuntas Diet Golongan Darah

Written By Rizki A. Noviar on Monday, September 3, 2012 | 01:32

Indonersia - Diet golongan darah. Mungkin metode diet ini sudah akrab di telinga kita semua, bahkan mungkin banyak di antara Anda yang sudah pernah atau bahkan sedang menjalaninya. Beberapa orang menganggap diet ini efektif untuk menurunkan berat badan mereka, namun banyak juga yang menyatakan sebaliknya.

Nah, untuk mengetahui fakta sesungguhnya dari diet golongan darah, simak hasil wawancara eksklusif Tim DuniaFitnes bersama Spesialis Gizi Klinik, Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., berikut ini.

Awalnya Peter J. D’Adamo, ND, penulis buku yang berjudul “Eat Right for Your Type: The Individualized Diet Solution to Staying Healthy, Living Longer & Achieving Your Ideal Weight”, meyakini bahwa golongan darah memiliki pengaruh pada sistem pencernaan dan bahwa beberapa makanan tertentu baik untuk dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah tertentu tapi bisa jadi makanan tersebut justru berbahaya bagi golongan darah lainnya.

Dalam bukunya, D’Adamo menjelaskan bahwa diet yang tepat sesuai golongan darah Anda ditentukan oleh suatu zat yang disebut dengan lectin, yaitu suatu protein dalam makanan yang dapat dicerna secara berbeda oleh masing-masing golongan darah.
Menurut D’Adamo, jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lectin yang tidak sesuai dengan golongan darah Anda, maka Anda bisa mengalami peradangan, metabolisme tubuh yang menurun, bahkan terkena penyakit seperti kanker. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindari dampak negatif ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk Anda, yang tentunya sesuai dengan golongan darah Anda.
Nah, karena popularitas diet ini semakin memuncak sejak terbitnya buku D’Adamo tersebut, maka kali ini kita akan mengupas metode diet golongan darah ini secara tuntas, mulai dari kebenaran metode diet ini, mengapa diet ini bisa begitu populer di masyarakat, serta apakah diet ini memang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Simak penjelasan pakar nutrisi, Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., berikut ini.
T: Dalam metode diet golongan darah, dituliskan bahwa ilmuwan telah mempelajari ada banyak makanan yang berpotensi menggumpalkan sel-sel pada golongan darah tertentu, sehingga suatu jenis makanan dapat berbahaya bagi sel-sel dari salah satu golongan darah, tapi bermanfaat bagi sel-sel dari golongan darah yang lain. Bagaimana pendapat Anda?
J: Sebenarnya diet golongan darah ini merupakan sesuatu yang masih menjadi kontroversi. Ini dikarenakan diet ini belum didasarkan pada suatu research atau penelitian yang diakui oleh dunia kedokteran. Penelitian dilakukan pada 2 kelompok subjek penelitian. Kelompok pertama diberikan diet golongan darah sedangkan kelompok kedua diberikan diet normal seperti biasa. Nah, diet golongan darah yang diberikan tersebut hanya berdasarkan pada pengalaman dari pengarang buku tersebut. Di dunia kedokteran, teori yang didasarkan pada pengalaman saja bersifat boleh saja untuk diikuti maupun tidak diikuti.
Untuk saat ini memang research masih belum bisa membuktikan kaitan antara makanan dengan golongan darah. Namun, tidak menutup kemungkinan jika suatu saat nanti akan diteliti lebih lanjut untuk membuktikan apakah makanan tertentu bisa merusak sel pada golongan darah tertentu. Dan ini yang disebut dengan nutrigenomic .
T: Mengapa diet golongan darah bisa populer di masyarakat?
J: Pada dasarnya diet yang paling tepat untuk diikuti adalah balanced diet atau diet dengan nutrisi cukup dan seimbang. Akan tetapi, kemudian banyak muncul berbagai metode diet yang tergolong sebagai fad diet. Jenis diet ini hanyalah diet yang menarik atau lain daripada metode diet umumnya dan biasanya muncul sebagai strategi marketing saja. Dan kecenderungan masyarakat memang menyukai sesuatu yang lain dan menarik, termasuk dalam hal metode diet.
T: Dalam metode diet golongan darah, dijelaskan bahwa saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lektin yang tidak sesuai dengan antigen dari golongan darah kita, maka lektin tersebut akan mengarah pada organ atau sistem tubuh, sehingga dapat memulai penggumpalan sel-sel darah di wilayah tersebut. Apakah lektin berpengaruh seperti yang diklaim oleh diet tersebut?
J: Lektin adalah suatu jenis kandungan dalam bahan makanan dan tidak memiliki pengaruh yang sangat spesifik seperti yang disebutkan pada tubuh kita. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai pengaruh konsumsi makanan tertentu terhadap golongan darah tertentu.
T: Untuk menurunkan berat badan, apakah metode diet golongan darah sudah terbukti ampuh?
J: Jika kita menerapkan diet golongan darah tetapi asupan makanan kita masih tetap lebih banyak daripada yang kita keluarkan melalui aktivitas, maka tubuh akan tetap kelebihan energi sehingga berat badan tetap atau malah bisa bertambah. Tetapi jika kita menjalani diet golongan darah lalu secara tidak kita sadari asaupan makanan kita jadi berkurang, misalnya karena kurang menyukai jenis makanan yang sudah ditentukan untuk golongan darah kita, maka energi yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang dan berat badan pun bisa turun.
Nah, sekarang Anda sudah mengetahui lebih jelas mengenai diet golongan darah itu, bukan? Untuk itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan efektif dan dengan cara yang tepat dan sehat, maka yang terpenting adalah dengan mencukupi semua kebutuhan nutrisi tubuh Anda secara seimbang.
Selain itu, jangan lupa untuk mengatur pola makan dan juga berolahraga teratur agar berat badan bisa turun lebih optimal. Keep healthy
Source: http://duniafitnes.com
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

kata pepatah: "TAK KOMEN TANDA TAK MAMPU"

Mari saling membantu sesama blogger dengan memberikan komentar yang baik dan benar. Jika ingin bersaing di halaman pertama Hasil Pencarian Search Engine, mari kita lakukan persaingan sehat dengan tidak menghancurkan blog blogger lain melalui komentar spam.

Terima Kasih Sobat Sudah:
1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan

Admin akan menghapus komentar yang tidak sesuai dengan 3 point di atas!

Coretan

 
Support : Indonersia Center | Rizki Viar |
Copyright © 2013. Indonersia Center - All Rights Reserved
Template re-design by Indonersia Center
Proudly powered by Blogger